About

Penulis: I Putu B. Adi Winata
Communications Officer and Fieldworker, MITRA HIJAU

Mitra Hijau adalah sebuah program yang diusung oleh Asosiasi MITRA. Dimana program ini berfokus pada penghijauan lingkungan. Program ini dipandang sangat penting oleh asosiasi MITRA untuk menanggulangi efek dari pemanasan global yang beberapa dekade ini sangat meresahkan bukan hanya di NTT atau Indonesia saja, tetapi di seluruh dunia. Anggota yang tergabung dalam Mitra hijau ini sendiri merupakan mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari hampir seluruh institut atau universitas yang ada di NTT. Untuk saat ini anggota MITRA tersebar di Universitas UNDANA, PGRI,  UNWIRA, UKAW, UNIMOR, STIE SUMBA, IKTL, UNFLOR, AKSARA dan STKIP RUTENG. Hal ini tentunya akan sangat baik sehingga program ini akan dapat dengan cepat terlaksana karena kami ada hampir di seluruh NTT.

Kami telah melakukan beberapa kegiatan seputar penghijauan ini, di samping itu kami juga membangun kemitraan dengan beberapa lembaga, baik lembaga pemerintahan maupun swasta dalam hal ini LSM. Lembaga pemerintahan yang sudah menjadi mitra kami dalam program penghijauan ini ialah Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTT, Dinas Kehutanan, Kantor Gubernur dan Kantor Walikota NTT. LSM yang menjadi mitra kami untuk saat ini ialah Yayasan SANLIMA. Tentunya tujuan dari kemitraan yang kami bangun ini ialah untuk memaksimalkan program-program penghijauan yang akan kami lakukan. Adapun kegiatan yang telah dan sedang kami lakukan berkaitan dengan penghijauan ini diantaranya melakukan pengajaran dan penanaman pohon pada sekolah-sekolah yang dilakukan oleh anggota kami saat melakukan KKN. Selain itu, sebagai bukti dari keseriusan kami dalam MITRA Hijau ini, sedang dijalankan program penghijauan sekolah, sebagai langkah awal kami dilakukan penanaman pohon dan monitoring pohon yang kami tanam pada SMA Negeri 3, Kupang. Pada kegiatan ini, kami bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga NTT serta Yayasan SANLIMA sebagai penyedia pohon-pohon yang kami tanam. Kegiatan ini kami laksanakan pada hari Kamis tanggal 29 Januari bertempat di SMAN 3, Kupang yang dihadiri oleh Gubernur NTT, Walikota dan Wakil Walikota Kupang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kepala Yayasan SANLIMA. Pada kegiatan ini, pohon yang ditanam ialah pohon Trambesi, Cemara India, dan pohon Palem.

Pada kegiatan penghijauan di SMAN 3 Kupang, MITRA tidak hanya berperan sebagai penanam pohon, namun juga melakukan monitoring terhadap pohon-pohon yang telah ditanam. Hal ini dilakukan agar keberlangsungan hidup dari pohon-pohon yang ditanam dapat dijaga dan yang paling penting dapat dipertanggungjawabkan. Kegiatan monitoring ini dilakukan oleh anggota Mitra Hijau yang bekerjasama dengan para guru sekolah serta siswa. Hal ini dilakukan agar dapat memudahkan dalam melakukan monitoring, selain itu juga diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya penghijauan.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s