Dari Papua ke Jakarta : UNEP Committee

Jakarta MUN (JMUN) 2015 Conference

MUNher

Dari MITRA Executive Committee

Satu kata yang ingin keluar dari bibir ini adalah ‘EPIC’. Mengapa epic? Yaa karena, saat join bersama MITRA, banyak sekali hal tak terduga yang menghampiri dalam buku berjudul kisah hidup ini. Ia bukan hanya sekedar lewat saja namun menghampiri dan hinggap mempercantik buku kisah hidup ini.

Belajar lebih banyak tentang kegiatan-kegiatan internasional di MITRA

By the way, berdasarkan judul diatas, saya ingin menceritakan pengalaman singkat tentang conference yang saya ikuti selaku perwakilan dari MITRA Papua, Jakarta Model United Nations 2015.

images (1)

Guys, jangan tanyakan kepada saya apa itu MUN. Karena pertama, saya hanya disuruh daftar, semoga lulus katanya dan of course saya benar-benar buta, apa itu MUN. But, karena tak mau ketinggalan informasi saya pun searching di Google. Ternyata MUN adalah kepanjangan dari Model United Nations namun selalu disingkat atau nama kerennya MUN atau Model UN. MUN ini sendiri merupakan simulasi pendidikan atau bisa kita sebut sebgai simulasi dari sidang PBB atau sebuah kompetisi akademik dimana para pelajar (high school/university) dapat belajar tentang diplomasi, hubungan internasional, dan PBB of course (istilahnya,  disamping itu juga kita dapat mempermantap skill kita pada  public speaking, writing skills, debating, critical thinking, teamwork, leadership, dan research)

Benar-benar persiapan yang belum matang dan istilahnya masih buta soal bagaimana di conference nanti. Namun tetap tampil Percaya diri saat memasuki Balai Kota DKI Jakarta tempat opening ceremony dilaksanakan, meski agak deg-degan sih. But guess what? Ada beberapa teman yang mengira asal saya dari Nigeria saat saya tiba di tempat kegiatan. Nilai plus buat saya, haha. Opening ceremony berlangsung dengan sangat baik dan tibalah Gala Dinner. Semua anak pada berhambur keluar ruangan untuk menyantap santapan yang disediakan. Benar-benar lapar kali yee, wkwkwk. Yaa, kira-kira begitu untuk hari pertama. Have fun deh! Dan surprise dari panitianya benar-benar membuat saya khususnya merasa, “wow, mereka welcome sekali. Saya benar-benar merasa diterima ditengah-tengah banyaknya delegate ini”. Para pembicara yang dihadirkan panitia, tim tari KTFUI yang punya senyuman indah ketika mereka menari serta anak-anak imut nan menggemaskan yang sedang bermain angklung. Betapa menggemaskan melihat mereka bermain angklung dengan lincah.

11745619_933943286646970_6968451493597428410_n 11753676_933941413313824_5069830454949895998_n

Hari kedua, dengan takutnya dihantui sama macetnya kota Jakarta, mesti harus pagi bangunnya dan bergegas menuju tempat kegitan. UNIKA Atmajaya, adalah tempat yang dipakai untuk unjuk kebolehan hari ini. Fiuh, ngelap keringat plus deg-degan untuk sesi di hari kedua ini. Masuk ruang Council, duduk ditempat yg ada placard negara yang kita wakili, ketemu banyak teman sesama delegate, lalu bertemu chairnya, waaauw. After that, dimulailah introducing of MUN dan RoPnya dijelasin sedikit. Sebenarnya ada beberapa bagian yang kurang dimengerti, lalu chairnya nanya; yang belum mengerti silahkan tanya. But, saking malunya, biar saja sesat dijalan karena malu bertanya. Pasti nemu kok jalan keluarnya. Pfff, untuk hari ini saat sesi pertama, akhirnya saya berbicara. Dan after that diam membisu cuma ikut alur permainan yang ada. Tapi setelah hari kedua berlangsung, saya jadi lebih bersemangat untuk menyambut hari esok karena setidaknya peraturan permainan sudah mulai saya kuasai. Dan di hari kedua ini juga, semua negara sudah pada sibuk nyari aliansi. Dan saya dapat juga aliansi yang mau bekerja sama dengan develop country seperti country saya, Vietnam. Aliansi saya adalah France, Australia, Japan, USA, Afghanistan, Brazil, Canada, Egypt, Hungary, India, Libya, Mexico, Nigeria, dan Russia. Hari ketiga berhubung hari jumat, pukul 16.00 WIB semua kegiatan berhenti berputar pada porosnya. Tapi tak ada kata berhenti bagi saya dan sekutu saya. Karena besok dimana hari terakhir yang merupakan ujung dari kegiatan conference ini, kami harus mempresentasikan DR atau yang dikenal dengan Draft Resolution. Jadi saya beserta aliansi hang out nih ceritanya, ke sebuah mall disebelah Unika Atmajaya, Semanggi namanya kalau saya tidak salah ingat. Kita pesan makanan tapi bayar masing-masing. Yaiya, emang siapa juga yang berhati dan berwajah bak malaikat mau membayar semua tagihan, haha. Salah satu best friend andalan saya, Carmen (Canada), bersamanya saya menghabiskan waktu buat mengerjakan Draft Resolution (salah satu dokumen hasil kerja kita di MUN) bagian kami tentang education system. Setelah selesai, kami pulang-pulang ketempat masing-masing.

11755831_933942123313753_9022096136975472952_n

Tadaaaa! Hari keempat. Ada debat yang memacu adrenalin. Situasi mendebarkan dimana kubu Justin Bieber (DR 1.1) dan Selena Gomez (DR 1.2) adu pendapat. Setelah saling menodongkan pedang kepada kubu saingannya, proses vote pun dimulai. Finally pemenangnya, tentu saja kubu kami. Ah, rasanya kerja keras ini membuahkan hasil yang benar-benar diluar dugaan. Dan Athena? Tentu saja Ia selalu berpihak kepada kami sejak awal hingga akhir. Berikutnya, tibalah kegilaan kami semua, melakukan pose foto dengan senyum sana-sini. Kubu kami semua pada berpelukan saking senangnya DR kami sukses. Waktu istirahat benar-benar kami manfaatkan untuk berpose bak model dan makan siang. Setelah itu saatnya persentasi DR. Dalam DR negara sponsor kami adalah USA, France, serta Japan. Signatories : Afghanistan, Brazil, Canada, Egypt, Hungary, India, Indonesia, Libya, Mexico, Nigeria, Russia, Switzerland, Netherlands, Republic of Korea, and Uganda. Tamu yang diundang untuk menilai DR kami adalah Mr.Pierce dari Kedutaan Norwey dan Kakak Gracia dari UNEP. Persentasi pun berjalan dengan baik dan ada sedikit koreksi dan banyak sekali masukan dari kedua orang hebat ini. Setelah kritikan dan masukan kami dapat, bus telah menanti dan semua peserta pun on the way Soupanova Ecosky. Tiba di Soupanova Ecoksy dan acara pun dimulai. Penghargaan untuk para delegate terbaik dibacakan, makan malam enak, party, dan pemandangan indah dari lantai 23. Benar-benar lengkap rasanya rangkaian kisah dari awal hingga akhir selalu membuat saya takjub.11755676_933944439980188_4468454808505819285_n

Ini hanyalah sepenggal kisah awal yang saya tulis dari beragam kisah yang akan saya tulis terus menerus dengan berbagai tema cantik yang memperindahnya. Semoga tulisan ini menjadi inspirasi buat para pembaca khususnya untuk semua anak-anak MITRA di seluruh pelosok Indonesia Timur. Ayo buktikan kepada yang lainnya, bahwa Indonesia Timur juga maju dan kita tidak terbelakang! Ayo buktikan kepada mata-mata yang menghina bahwa kami anak-anak hitam siap bersaing di tengah teriknya sengatan matahari!

Salam kompak!

Ellysabeth Surat Lelan

Kalau mau bergabung dengan MITRA Model United Nations – silahkan bergabung di sini:

MITRA Model United Nations: https://www.facebook.com/profile.php?id=811642078908447&fref=ts

UNCEN MUN Club: https://www.facebook.com/groups/1551275915121710/?fref=ts

MITRA MUN NTT: https://www.facebook.com/groups/870801933004359/?fref=ts

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s