MITRA HIJAU di KBPM UKAW 2015 Pukdale

ananiasMITRA HIJAU KBPM UKAW 2015 PUKDALE (Gereja Ebenheizer Pukdale)

Head of MITRA HIJAU NTT, Ananias Bees yang baru pulang dari Australia dan sedang berbagi pengalamannya tentang pengabdian untuk pemberdayaan masyarakat dan konservasi ekosistem. Kalau mau belajar lebih banyak tentang Gerakan Hijau di Indonesia Timur bergabung di MITRA HIJAU https://www.facebook.com/mitrahijau dan Assosiasi MITRA https://www.facebook.com/pages/MITRA/409317695880136

Written by MITRA HIJAU Executive:
Ananias Bees
Head of MITRA HIJAU NTT
Head of Green Schools Movement

Masyarakat Indonesia Timur Relasi Asing (MTRA) dalam KBPM UKAW 2015

Strategi dalam menghadapi stiap permasalahan dalam masyarakat akan menjadi sangat crucial karena dunia globalisaai membawa banyak dampak yang memang terkadakang tidak nyata dalam masyarakat kecil tapi sedikit demi sedikit membawa perubahan. Nah, ini menjadi hal yang sangat penting dalam sustainable Development goals (SDGos). Keanekaragaman masayarakat dari berbagai suku dan budaya perlu menjadi perhatian sehingga tercipta masayarakat yang cinta serta peduli dalam ligkungan.

Masyarakat Indonesia Timur Relasi Asing (MITRA), memberi kontribusi nyata dalam pembangunan dan pengembangan dalam Desa. Dengan adanya beberapa anggota MITRA di Desa Pukdale.   sebagai asosiasi yang sementara berkembang di Indonesia Timur maka asosisiasi ini berbaur dengan berbagai pihak yang mencintai masyarakat Indonesia dalam menghadapi masa depan bersama. Dalam KBPM UKAW 2015 melalui berbagai pengalaman dengan asosiasi MITRA maka kami mencoba untuk menerapakan beberapa hal penting  yang lansung menyentuh kepada masayarakat di  Desa Pukdale melalui KBPM UKAW 2015 yang terletak di kecamatdan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Ada tiga program khusus dalam KBPM UKAW 2015:

1. Ketahanan Pangan

Mahasiswa KBPM 2015 membantu  masayarakat Desa Pukdale dalam ketahana pangan dengan beberapa aktifitas nyata yaitu membantu masayarakat membersihakan kebun, menanam jagung, menanam sayur. Sebagai salah satu desa produktif dan penghasil sayur, padi, dan bahan pangan lainya.

2. Penghijauan

Dalam kaitannya dengan penghijaun , kelompok mahasiswa KBPM Desa Pukdale atas kerjasama yang sudah dibangun oleh MITRA (Mahasiswa Indonesia Timur Relasi Asing ) dan SANLIMA (Yayasan Peduli Sesama)  maka kelompok mahasiswa KBPM Desa Pukdale mendapatkan pohon secara cuma-Cuma dari yayasan tersebut dalam melakukan penghijauan di Desa.

3. Penangulangan Bencana  

Sebagai bentuk partisipasi dalam penagulanagan benacana maka mahasiswa KBPM UKAW Desa Pukdale 2015 melakukan penanaman di daerah yang rawan bencana dengan harapan bahwa ketikan pohon-pohon atau bambo ang ditanam mulai bertumbuh besar maka akan mengurangai resiko banjir.

Dalam rancangan program yang di desain oleh panitia KBPM UKAW 2015 serta di dukung oleh berbagai pengalaman yang didapat sebelumnya dari MITRA menjadi peluang besar serta memebrikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dan masayarakat desa.

Sebagai bentuk respon dari masyarakat Desa Pukdale maka Gereje Ebenheizer Pukdale dalam hal ini George Hendrik Lubalu mendampingi kami dalam kegiatan penanaman pohon Cendana dan Trambesi di lingkungan Gereje tersebut.

Kalau mau belajar lebih banyak tentang Gerakan Hijau di Indonesia Timur bergabung di MITRA HIJAU https://www.facebook.com/mitrahijau dan Assosiasi MITRA https://www.facebook.com/pages/MITRA/409317695880136

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s