LANGKAH AWAL Si MITRA HIJAU

Penulis: Ellysabeth Tokan

Ketua MITRA HIJAU PAPUA

MITRA HIJAU PAPUA3

LANGKAH AWAL Si MITRA HIJAU
‘Save The World and Go Green!’

Jumat, 27 Maret 2015
Tak dapat dipungkiri bahwa kondisi alam ini perlahan-lahan mulai rusak akibat tangan-tangan nakal manusia yang tengah mengusik keindahannya. Andai kata alam bisa menjerit karena merasa sakit dan sedih , ia akan menjerit semampunya. Namun alam tak pernah menjerit, ia hanya bisa marah pada manusia. Saat ia marah, timbullah bencana.

Bicara soal bencana, ingatkah anda pada bencana yang terjadi di Jayapura beberapa waktu yang lalu? Banjir yang disusul tanah longsor di beberapa tempat di wilayah kota Jayapura. Hujan turun selama empat jam menyebabkan banjir bercampur lumpur setinggi pinggang orang dewasa. Di beberapa titik tertentu, dideteksi adanya Longsor. Kejadian malang yang terjadi pada Sabtu malam, 22 februari 2014, pukul 18.00-21.30 WIT itu, menewaskan 1 orang korban yang tertimbun longsor dan yang lainnya dilarikan ke RSUD DOK II, Jayapura.

Longsor serta banjir yang sukses merusak sebagian wilayah di Kota Jayapura, menjadi pertanyaan bagi sebagian pemerhati lingkungan. Pasalnya, kota Jayapura mendapat Piala Adipura pada tahun 2013. Piala yang jatuh ke tangan kota Jayapura, oleh Kementerian Lingkungan Hidup saat itu, seakan tak ada harganya.

Nah, saat bencana datang tiba-tiba karena alam murka, apakah masyarakat pernah mengintropeksi dirinya? Apa salahnya pada alam sehingga alam pun menjadi murka?

Sabtu, 21 Maret 2015 adalah hari dimana MITRA HIJAU melaksanakan event pertamanya. Dari kata HIJAU diakhirannya, pasti anda telah paham, apa tugas MITRA HIJAU. MITRA HIJAU adalah kelompok yang berfokus pada kegiatan penghijauan dan konservasi lingkungan serta pengabdian masyarakat. Pagi itu, Pukul 07.00 WIT, semua peserta sudah hadir di Kantor BEM Uncen dan ada beberapa orang peserta yang terlambat. Pukul 08.00 tepat kami meninggalkan Kantor BEM. Kendaraan yang kami tumpangi bersama saat itu adalah bus kampus. Teman-teman yang menggunakan motor, memilih meninggalkan motor dan beralih ke bus. Hebatnya lagi, event pertama MITRA HIJAU ini bukan hanya diikuti oleh member MITRA HIJAU saja, namun MITRA ENGLISH dan MITRA INTERNASIONAL juga ikut berpartisipasi. Pelaksanaan event pertama MITRA HIJAU ini dilaksanakan di Bukit Meriabo, Bayangkara, kota Jayapura serta ditandai dengan penanaman pohon bersama Forum Peduli Port Numbay Green (FPPNG), Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Lembaga Konservasi Darat dan Pesisir dan beberapa masyarakat lokal.

Bukit Meriabo adalah salah satu kawasan cagar alam sekaligus penyangga Gunung Cycloop. Dari bukit ini, kalian dapat melihat keindahan Kota Jayapura dan juga keburukannya. Apa keburukannya? Penataan kota yang sembarangan. Kami tiba sekitar pukul, 09.25 di tempat tujuan. Namun, siapa sangka kami harus sedikit berolahraga dengan berjalan kaki menuju lokasi penanaman dari tempat parkiran. Dinas Kehutanan, Lembaga Konservasi Darat dan Pesisir, FPPNG, dan beberapa masyarakat lokal sudah berada di lokasi penanaman. Kami mendengar banyak sambutan dan penjelasan mengenai lokasi penanaman, banjir tahun 2014, serta penjelasan mengenai pohon-pohon yang akan ditanam. “Ini pohon Merbau, Bintanggur, Bambu, dan Gamalia. Nah, kalau gamalia ini sebagai media inkubasi.” Jelas, pak Yehuda Amokwaron, Dosen Geografi Universitas Cenderawasih.

Setelah penjelasan, kami para peserta diarahkan untuk mengangkat tunas-tunas penghasil oksigen yang berada didalam mobil Dinas Kehutanan dan tiba saatnya menanam tunas-tunas muda itu. Para perempuan menanam didaerah atas, mengingat medan yang terdiri dari jurang, jadi para perempuan menanam pohon Bintanggur, Merbau, serta Gamalia di bagian atas. Sedangkan para lelaki? Mereka menanam kebagian bawah. Dan yang mereka tanam adalah Bambu. Sekitar 150 pohon yang kami tanam saat itu. Oh iya, tanah di Bukit Meriabo, berwarna merah dan hal ini menyebabkan kami dalam kondisi kotor biasa. Maksud saya, luar biasa. “Berani kotor itu baik. Kalau tidak berani kotor, bagaimana bisa bilang Go Green!” pikir saya saat itu.

“Bukit ini dulunya tempat saya dan kawan-kawan bermain, namun sekarang kalian bisa lihat sendiri, suasananya seperti apa. Tanah ini juga tanah adat, milik marga Sibi. Karena ini tanah adat, kami berusaha dengan masyarakat adat agar kawasan ini dapat kami jaga bersama, sehingga tidak boleh ada orang yang sembarangan tebang pohon” tutur Kak Yeri, salah satu pemerhati lingkungan didaerah tersebut.

Saat penanaman pohon selesai, kami beristirahat dibawah sebuah pohon. Sungguh sangat disayangkan, karena kami semua hanya berlindung dibawah satu pohon. Situasi yang sangat disayangkan. Setelah itu ada sesi foto bersama. Saat sesi foto bersama dimanfaatkan oleh peserta untuk berpose bersama Nicholas Metherall, salah satu orang yang mempunyai peranan penting dalam MITRA dan Dosen Hubungan Internasional, Uncen. Mengapa memanfaatkan momen ini? Karena lusa, kami sudah tidak dapat bertemu dengannya. Namun, kami semua percaya, ia akan kembali pada waktu yang tepat. Lalu kami pun kembali ketempat dimana bus berada dan makan bersama. Semua makanan yang disediakan oleh FPPNG adalah makanan khas Papua dan no rice!

Guys, penghijauan alias reboisasi itu penting! Jika kau bertanya mengapa? Berarti kau termasuk dalam kelompok tangan nakal yang merusak! Penghijauan dilakukan untuk mengurangi karbon dioksida samapi ke atmosfer. Penghijauan dilakukan dengan menanam pohon, terutama pohon yang dapat menyerap karbon diokksida lebih cepat dan banyak. Banyak manfaat yang dapat kalian rasakan, diantaranya adalah :

  • Lingkungan menjadi lebih hijau
    Gas-gas yang merusak atmosfer jadi berkurang
    Sumber plasma nutfah dan paru-paru
    Lingkungan yang sejuk dan rindang
  • Jika kita sadar dan mau membantu reboisasi, dampak pemanasan global pun akan berkurang serta negara kita kan menjadi salah satu negara hijau dengan cuaca yang stabil.

“The roots of trees help protect soil from flooding and storm damage better than any man-made solution”- Forest Stewardship Council (FSC)

11080981_1074232032593065_8760317856905339444_n 11080994_873239999383966_1163344754899558685_n

ELLYSABETH.S.LELAN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s